Rabu, 05 Agustus 2009

Tresno



‘Tresno’, sebuah kata dalam bahasa jawa yang artinya ‘cinta’.
saya cuman mau ngoceh soal tresno ini versi saya, mungkin juga harus menggunakan idiom jawa yang laen, sampean mudheng opo ora bukan urusan saya, wong saya cuman pengin nulis versi saya, untuk memuaskan ego saya.

Pepatah jawa mengatakan ‘tresno jalaran soko kulino’, jalaran soko ‘ngglibet’, cinta terjadi karena ‘terbiasa’. Kata ‘terbiasa’ ini menjadi sebuah kunci penting sebenernya buat pejuang cinta. Cinta ditolak bukanlah sebuah masalah besar, ‘ngglibet’ aja terus supaya ‘terbiasa’. Ini juga bisa berarti sebuah kegigihan, sebuah ketahanan, sebuah bukti besar untuk menyatakan keseriusan cinta, wee… nglantur.

Balik maning ke urusan saya…
Tapi idiom jawa ‘tresno jalaran soko kulino’ ini menjadi basi dan gak berlaku babar pisan untuk saya. Wong ketemu cuman tiga hari, itupun hampir gak ada kesempatan berdua, selebihnya gak ada interaksi sama sekali. Tapi… saya bisa jatuh cinta setengah modar, tiap hari terbayang-bayang, kleyang kabur kanginan tanpa juntrungan.
Tapi karena arek suroboyo terbiasa bonek, proklamasilah saya sama dia. Jangan dibayangkan yang ndakik-ndakik, saya cuman proklamasi lewat e mail! (sampek tak belani dino sebtu mlebu ngantor, mung kanggo ngemail).

Kata tresno itu terucap juga, meski tanpa ngglibet, wong dia tinggalnya di belahan pertiwi laen.
Ditolak ato diterima no problem bagi saya, wong cuman mengungkapkan apa yang ada di benak, ora pengin macem-macem, tinimbang pecah ndase.
Saat proklamasi, saya tidak tau menau tentang dia, statusnya gimana? anaknya siapa? Rumahnya dimana? Umurnya berapa? Blas babar pisan gak tau tentang dia. Yang saya tau cuman dia seorang pejuang!

Dan karena tidak ada ‘… kulino’ dan ‘… ngglibet’ tadi, pada akhirnya saya bingung, ora mudheng, kenapa bisa jatuh cinta sama dia, wong jelas2 saya buta tentang dia.
Mbuh ahh! pokok e tresno! Alesane? Gak jelas.. males aku njawab, pokok e ora nduwe alesan. aku tresnoooooo!!!!

Uwis ah.. kapan2 wae diteruske ceritane.. arep klemah2 dhisik, mumpung prei...

Ojo lali lho, iso ugo… ‘tresno jalaran ora ono liyo’ (ini berlaku khusus untuk emak yang doyan onta wkakaka..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar